The Vacancies Rilis Single Kedua Mereka "What If" - negerimusik.com

Breaking

Sabtu, 23 November 2019

The Vacancies Rilis Single Kedua Mereka "What If"

The Vacancies merupakan sebuah band asal kota Malang yang mengusung genre alternative pop. Terbentuk pada tahun 2017 yang beranggotakan Khrisna Widhi, Dian Aslama, Ade Renata, Rafsan Adhizar dan juga Raihan Siregar.

[Profile] The Vacancies, 2019

Pada mulanya Khrisna, Dian, Raihan dan juga Dhizar mempunyai sebuah project band bergenre progressive rock dengan nama “Porak Poranda”. Dilatar belakangi oleh selera musik mereka yang sama akhir nya terbentuklah project band tersebut. Namun dikarenakan mereka ber-4 memerlukan sebuah nuansa baru untuk project selanjutnya, maka terbentuklah “Cherry Blossom” sebuah project dengan nuansa alternative pop yang pada akhirnya berganti nama menjadi “The Vacancies”.

Mereka mereka mengajak salah satu teman wanita mereka bernama Ade Renata yang kemudian mengisi suara vokal dengan ciri khas suara lembutnya. Semua personil The Vacancies berkuliah di Universitas Brawijaya Malang, itulah yang mendasari band ini lahir di kota malang yang padahal ke 4 personil mereka yaitu Khrisna, Dian, Dhizar dan Raihan berasal dari Bogor dan juga Bekasi. 

Band ini memiliki referensi musik dari beberapa band seperti Alvvays, Last Dinosaurs dan alternative pop lainnya. The Vacancies memberikan sentuhan baru dan juga sensasi yang lebih atraktif dengan formasi mereka yang baru. Dari segi pemaknaan lagu, konsep mereka bermusik dan juga alunan nada yang diciptakan, dan semua itu tertuang di dalam single terbaru mereka. Band yang mengusung genre alternativ pop ini siap dengan single kedua mereka yang berjudul What If .

Pada single terbaru mereka ini soul dari genre alternatif popnya lebih terasa dikarenakan aransemen serta dinamika musik yang di kemas sedemikian rupa dari keseluruhan isi lagu What If . Proses rekaman untuk single What If  dilakukan di GZZ Record prosesnya itu sendiri memakan kurang lebih sekitar 7 jam yang di bantu oleh Derry Haudin selama proses rekaman dan juga proses mixing serta mastering, serta dibantu pada proses publishing nya dengan Ivan Janitra.

Salah satu faktor pendukung lain yang membuat mereka memberikan nuansa alternatif pop pada single terbaru mereka yaitu dikarenakan genre alternatif pop  merupakan salah satu genre yang dapat diterima dengan baik dikalangan kaula muda.

Untuk artwork sendiri dikerjakan  oleh salah satu dari personil mereka yaitu Raihan Siregar. Untuk konsep dari artwork sendiri sesuai dengan konsep lagu What If  dari segi design hingga pengambilan warna yang tepat untuk visualisasi nya.

[Artwork] The Vacancies - What If

What If sendiri merupakan single yang memiliki makna kenyaman dengan penuh afeksi dalam konteks hubungan secara luas tidak hanya cinta mengenai rasa kenyamanan terhadap seseorang yang sering membuat kita merasa sakit hati namun orang tersebut juga yang bisa memberikan kita suatu perasaan nyaman yang begitu besarnya namun akhirnya tersadar dan mau terlepas dari hal tersebut.

What If  sendiri memiliki konsep besar “melupakan” akan sosok sesorang yang tergambarkan sebagai nada-nada sedih yang menenangkan tapi juga menyakitkan. Konsep “melupakan” tersebut tervisualisasikan oleh artwork kami yang berbentuk dua buah tangan yang memiliki dua perspektif yang berbeda yaitu seolah-olah ingin menyatu dan seolah-olah ingin lekas melupakan dan menginggalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar