Merawat Tradisi Lewat Seni "Paddhang Bulan" - negerimusik.com

Breaking

Kamis, 29 November 2018

Merawat Tradisi Lewat Seni "Paddhang Bulan"

Seperti yang kita ketahui pada kenyataannya saat ini tradisi, adat istiadat dan kearifan lokal lainnya kini mulai banyak di lupakan, terutama oleh generasi yang saat ini disebut 'Milenial, walaupun kita ketahui pula tak semua anak muda lupa akan akar dan tradisi daerah lingkungannya, memulai untuk merawat, menjaga keagungan luhur merupakan langkah konkrit yang harus di mulai dari sekarang, agar generasi penerus selanjutnya tak lupa pada 'kedudukan tradisi mereka.

Paddhang Bulan Music, doc. Paddhang Bulan

dari daerah Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura Jawa Timur, sekelompok anak muda menunjukkan eksistensi kedaerahannya melalui kegiatan-kegiatan yang mendukung 'Ruwat tradisi lingkungan mereka, tepatnya di Dusun Tacempah, Desa Plakpak Kecamatan Pagantenan Kabupaten Pamekasan, kurang lebih 10 Kilometer ke arah utara Kota Pamekasan, disana mereka memilih musik tradisional menjadi pilihan, berdampingan dengan karakter religius (agamis) yang sudah melekat pada daerah pesantren atau yang disebut 'Kota Santri itu.

Melalui Paddhang Bulan Music membangun semangat bahwa mereka punya sesuatu yang bisa di tunjukkan dimasa depan, lewat seni yang menjadi perekat/persaudaraan (guyub), dengan spesifikasi dalam merawat dan meruwat nilai-nilai dan nuansa artistik tradisi lokalitas Madura, nilai religiusitas Islam (sufistik) dan budaya populer (modern) saat ini.

Paddhang Bulan Music, doc. Paddhang Bulan

Paddhang Bulan Music, doc. Paddhang Bulan


doc. Paddhang Bulan


Sebelumnya "Paddhang Bulan Tacempah" sendiri merupakan lembaga nirlaba yang berbasis pemuda dan masyarakat yang ada di Kabupaten Pamekasan, mereka bergerak dalam bidang kajian dan pengembangan Islam, Tradisi dan Seni Budaya.

Sejauh ini Paddhang Bulan Music aktif menggelar maupun ikut bersama dalam gelaran kesenian dan kebudayaan di Pamekasan khususnya dan Madura pada umumnya sejak tahun 2010 hingga batas waktu yang belum mereka tentukan.


Kedepannya mereka masih dan akan terus bereksplorasi lewat seni umumnya, dan musik khususnya, mengkampanyekan ke-daerahan mereka, berharap kegiatan-kegiatan yang mereka kerjakan sampai saat ini bermanfaat untuk kelangsung seni itu sendiri.

Personil Paddhang Bulan Music di antaranya; Adidatus Sa’adah (Vokalis), Abyan Frazdaq (Vokalis), Selvi Oktaviana (Vokalis), Hamdani (Pembaca Puisi), Firman Wahyudi (Gitar),Badrus Salam(Gitar) Ulul Azmi ( Bass), Zainal Abidin (Cajon/Perkusi), Alvindari (Saron 1), Abd. Aziz(Saron2), Moh.Fudoli (Gendang), M.Ridwan(Bonang), Dedi Subhan Anas( Gong).

Contact:
Paddhang Bulan Official (Music) - Instagram
Paddhang Bulan Tacempah - Instagram
atau melalui http://www.paddhangbulan.org/

Kontributor: Firman
Editor: Aldike

Tidak ada komentar:

Posting Komentar